Minggu, 13 Juli 2014

Tips Kuliah Kerja Nyata (Mata Kuliah Wajib untuk Pendidikan Sarjana S1) Indonesia

Hallo, para Mahasiswa seluruh Indonesia, berbahagialah kalian yang mampu melanjutkan pendidikan sampai bangku perkuliahan. Karena setiap kamu yang kuliah, 90% kalian akan menjalani KKN atau bisa disebut Kuliah Kerja Nyata, yang 10% biasanya tidak ada KKN sesuai kebijakan Kampus. Tapi, kalian yang mendapatkan program KKN, patut berbahagia, why? Akan ada segudang pengalaman yang bakal kamu dapat di program ini.

Banyak yang berpikir, KKN itu adalah momok, penyita waktu, dan lain sebagainya. Namun, hal positif dalam mengikuti KKN melebihi hal negatifnya, kamu akan banyak mendapatkan pelajaran hidup, bertemu dan membentuk kelompok yang solid, mampu mengaplikasikan teori kampus untuk digunakan langsung oleh masyarakat. 

Apa sih KKN? KKN adalah salah satu program dimana kamu akan diberikan tugas oleh kampus untuk pergi ke suatu tempat yang membutuhkan program unggulan guna meningkatkan pendapatan maupun SDM di tempat itu, tentunya kalian tidak sendiri, kalian akan bergabung dengan teman sekampus, tapi bukan teman sekelas, melainkan dengan teman beda jurusan. Asik bukan? kalian akan mendapatkan teman dan tantangan baru sebagai Mahasiswa calon pemimpin bangsa. di KKN ini, struktur organisasi akan kalian tentukan sendiri, program kerja, agenda, kebijakan, baik visi maupun misi yang akan kalian selesaikan. Waktu yang diberikan pihak kampus untuk menyelesaikan misi KKN kalian kurang lebih 3 minggu sampai 1,5 bulan. Sudah cukup mengerti kan, tentang KKN?


TIPS 1. 

Hal paling awal dalam mengikuti KKN adalah "kalian akan bingung siapa saja teman yang menjadi satu tim KKN nantinya". Hal ini dapat diatasi jika kamu aktif mencari informasi di Lembaga Kampus yang menaungi kegiatan KKN kalian. Setelah mendapatkan informasi, paing tidak kamu sudah pegang nama teman teman kamu, kamu juga wajib mengetahui siapa Dosen Pembimbing yang akan membantu kamu, tentunya kamu harus menanyakan ke Lembaga tentang kontak yang bisa menghubungkan kita ke beliau. Catat dan simpan. Berikutnya kamu dapat mencari kontak maupun informasi teman teman kamu melalui akun jejaring sosial, atau search via Google dengan format nama (spasi) kampus  (spasi) jejaring sosial. Misal Dendit Viegas Unesa Facebook, maka akan tertera dimana kamu akan bisa menghubungi orang yang bernama Dendit. Bila belum menjadi teman, langsung add dan kirim inbox "Hallo, aku teman KKN kamu, boleh minta pin sama nope ya?", mudah bukan? catatanya adalah, jika nama kalian atau nama teman kalian terlalu "Alay", maka akan menyusahkan yang lain,segera pakai nama asli dan original kalian.

TIPS 2.

Setelah mendapatkan informasi yang jelas mengenai kontak teman teman kamu, kamu bisa membuat grup di facebook atau grup kontak di BBM. Tentunya setelah anggota tim sudah jelas, kamu pasti akan melakukan rapat merapat, segera komunikasikan dan broadcast via apapun. Untuk waktu dan tempat kalian bisa berunding, ada sedikit tips dari saya, jika kamu yang memiliki kontak tim yang cukup lengkap, lebih baik kamu putuskan waktu dan tempat tanpa bertanya. Kenapa? jika kamu menanyakan waktu dan tempat akan banyak sekali pikiran dan problem, sehingga akan menghambat pelaksanaan rapat (molor), tentunya juga gunakan sisi psikologis jika ingin menentukan waktu dan tempat, misalnya jangan "berkumpul jam 2 malam di kampus".

TIPS 3.

Tim sudah dapat, dan apa yang perlu dirapatkan untuk pertama kali? apa yang dibahas agar rapat pertama efektif dan efisien?. Hal pertama yang kalian lakukan tentunya adalah perkenalan, selanjutnya kalian bisa membentuk struktur TIM KKN kalian. Berikut struktur TIM yang harus kamu bentuk,

1. Ketua, pilihlah teman kamu yang paling aktif ngomong dan selalu memberikan solusi bukan kritik.
2. Bendahara, jatuhkan ke teman kamu yang sudah punya pengalaman pernah memanajemen uang.
3. Sekretaris, silakan pilih teman yang aktif mendengar dan mencatat, biasanya aktif di Jejaring sosial.
4. Humas TIM, tugasnya adalah memberikan kabar ke teman satu timnya jika ada satu informasi.
5. Humas DPL, tugasnya adalah mengkomunikasikan TIM dengan dosen pembimbing
7. Humas Masyarakat, tugasnya mengkomunikasikan TIM ke Kepala Desa tujuan.
8. Penanggungjawab Proposal. carilah orang yang pandai melobi dan membuat surat.
9. Sie Perlengkapan, tugasnya melengkapi kebutuhan TIM (bikin ID CARD, BANNER, Kaos, Desain, Dokumentasi dll)

Ke 9 komponen di atas harus ada jika ingin program kamu lancar, tentunya masing masing komponen bertanggung jawab akan tugasnya. Jangan memberikan tanggung jawab lebih atau membebani satu orang, karena semua berhak mendapatkan tugas, semua wajib bekerja sebagai tim yang solid. Silakan menentukan kebijakan, jika tidak menjalankan tugas, beri hukuman moral maupun sosial.

Setelah mendapatkan struktur organisasi yang jelas, kamu bisa berunding untuk menentukan kas awal, misalnya per Mahasiswa adalah 20 ribu. Untuk awal, berikan modal 10 ribu untuk Humas membeli pulsa , karena Humas-lah yang akan menyambungkan lidah. 

TIPS 4.

Rapat berikutnya, kalian bisa membahas tentang Program Kerja Tim KKN kalian. Jika kamu bingung contoh program apa yang akan di pakai dan diunggulkan, kalian bisa mengambil sampel atau contoh di Lembaga Kampus yang menaungi kegiatan KKN kalian. Sebagai contoh di Program kerja unggulan KKN yang saya rencanakan, diantaranya adalah,

a. Budidaya Ikan Lele sebagai Penghasilan Tambahan Masyarakat
b. Program Keahlian Membuat Kue untuk Penghasilan Tambahan Ibu-Ibu PKK
c. Program Pendidikan (Lembaga Bimbingan Belajar) untuk Anak SD.

Kalian bisa memperkaya dengan surfing di Google, program apa saja yang bisa dan mampu kalian kerjakan. Sebelum menentukan program kerja, ada baiknya jika kalian survey tempat dahulu, guna mengetahui kondisi di Desa yang akan kalian tempati. Setelah proker (Program Kerja) jadi, hal berikutnya adalah kalian diskusikan dahulu dengan Dosen Pembimbing dan Kepala Desa. Jangan pernah kalian memutuskan Proker tanpa berkonsultasi dahulu, fatalnya Proker kalian ditolak mentah mentah. Tapi tenang, 90% pasti akan disetujui.

TIPS 5.

Proposal, ya, kalian harus membuat proposal. Proposal berisi rancangan Proker kalian, baik mengenai dana maupun target. Untuk contoh Proposal, kalian bisa minta contohnya di Lembaga Kampus atau kakak tingkat kalian, karena masing masing kampus memiliki kebijakan sendiri dalam hal penyusunan.
Jika sudah tersusun dengan rapi, segera konsultasikan ke Dosen Pembimbing. Dan untuk masalah yang paling vital, yaitu Dana Proker, bisa kalian tanyakan, kemana kalian harus mencari karena ini merupakan tanggung jawab Dosen Pembimbing dalam memberikan arahan. Apabila kamu punya pengalaman organisasi, kalian bisa manfaatkan ilmu kalian mencari sponsorship di luar kampus untuk memenuhi dana program kerja yang kalian susun.

Setelah kelima tips di atas jalan, kalian akan mendapatkan naluri kalian sebagai mahasiswa tentang apa yang selanjutnya kalian kerjakan dan koordinasikan.


Mungkin sekian tips dari saya bagi kamu yang berbahagia mengikuti program KKN di kampus tercinta kalian, jika ada Tips lagi yang sekiranya belum sempat saya tulis, akan saya jadikan Part 2. Ingat, setiap dari kalian adalah pemimpin, tanpa menyerahkan tugas kalian kepada orang lain, maka kamu Tim KKN kamu akan sukses dan diterima Masyarakat.

Semoga Sukses, :)

Berikut Galeri Tim KKN saya.
(Keterangan : Rapat mingguan, berbuka bersama di D'cost Royal Plaza Surabaya, 11 Juli 2014)







2 komentar:

  1. tips tips nya bagus banget bro,
    makasih
    pasti akan sangat berguna

    BalasHapus
  2. Casino | Dr. Maryland
    With 서울특별 출장마사지 over 1600 gaming 속초 출장마사지 machines to choose from, and you'll find a range of 공주 출장샵 exciting games, it is 청주 출장마사지 time to take advantage of the great rewards and promotions. Learn More. 광명 출장샵

    BalasHapus

Komentar anda, harganya mahal sekali...
terimakasih telah menuangkan beberapa kata...