Minggu, 16 Juni 2013

Pantai Pelang "The Part of Heaven"






“PELANG”
The Part of Heaven
People say “Real Exotica of East Java”
The Winner of Anugerah Wisata Nusantara Jawa Timur 2012




Pantai Pelang terletak di desa Wonocoyo kecamatan Panggul 53 km barat daya kota Trenggalek dengan luas pantai 10 ha dan panjang 2 km. Karakteristik pantai Pelang adalah lebar dan panjang dengan deburan ombak dan angin yang cukup kencang yang mengundang sensasi untuk aktivitas berenang, bermain (dalam pengawasan). Di kawsan ini juga terdapat air terjun dengan ketinggian 25 meter yang dapat untuk mandi dan membuat awet muda, terdapat bukit yang dapat untuk melihat panorama laut lepas dan goa di bawah bukit karang dengan kedalaman ±500 meter.


Pantai Pelang terletak di kecamatan panggul kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, belum banyak yang tahu tentang pantai ini dan pantai ini pun masih sangat alami. mungkin karena letaknya yang jauh dari kota Trenggalek kira kira 53 km dari kota trenggalek.
Pantai ini begitu mempesona, sangat eksotik dan istimewa. karena sebelum menuju pantai kita akan menempuh rute perjalanan yang memacu adrenalin. akses jalan yang baik dan naik turun pegununggan yang penuh belokan tajam. tetapi tenang  untuk menuju pantai ini bisa di akses dengan kendaraan umum.
Dan yang istimewanya lagi sebelum kita menginjak pasir pantai pelang ini kita harus menyebrangi sungai (kali) dengan air tawar. dan di samping pantai ini ada air terjun yang tingginya kira kira 25 meter. mitosnya msyarakat sekitar bahwa air terjun ini bisa membuat awet muda.
 Bagi wisatawan yang kemalaman, tidak perlu cemas, karena telah tersedia beberapa penginapan di daerah panggul. Dan Jika ingin mendirikan tenda di sekitar pantai pun bisa. Dan tersedia juga warung warung kecil di sekitar pantai.



SUASANA: 
Keindahan dan eksotika Pantai Pelang sudah tidak dapat diragukan lagi. Pantai Pelang juga sering disebut Bali_nya Trenggalek. Karena suasana di Pantai Pelang sangat mirip dengan Pantai yang dimiliki oleh pulau Bali. Tidak hanya kemiripan, Pelang juga memiliki pemandanganan yang lebih indah, ditambah dengan Air Terjun Pelang yang berada di dekat Pantai, wisatawan juga akan dimanjakan dengan eloknya alam yang masih alami. Beberapa Fasilitas jalan menuju Pantai Pelang pun aktif dibangun agar wisatawan lebih nyaman mengnjungi Bali_nya Trenggalek ini. 

ATRAKSI:
Bermain ombak/ mandi (dalam pengawasan), mandi di air terjun, berkemah dan olahraga, panggung hiburan berkala,menikmati panorama laut bebas
FASILITAS: 
Penginapan purnama, warung dn kios, rest area, gardu pandang, toilet, mushola, parkir, rescue, listrik, asuransi jasa raharja
PROSEDUR KUNJUNGAN
Waktu kunjung setiap hari dari pukul 07.00 s.d 17.00 dengan KTM hari biasa Rp. 2000, liburan/ hari raya dan tahun baru Rp. 3000, kegiatan atraksi Rp. 4000. Parkir rda dua Rp. 1000, roda empat Rp. 2500, roda enam Rp. 5000 dengan perlakuan untuk rombongan dengan jumlah lebih dari 10 orang dapat diskon 20%. Pick season pada hari Minggu, libur sekolah, lebaran dan tahun baru.


AKSES:
Jarak tempuh ke pantai Pelang dari kota Trenggalek 57 km, Surabaya, Kediri,Malang, Blitar, Madiun, Ponorogo. Melalui jalan beraspal hotmix dengan kondisi baik dan sebagian sedang. Pencapaian dari arah koata Trenggalek ke arah barat daya melalui Karangan, Suruh, Dongko, Panggul. Dari IKK Panggul selatan sejauh 3 km. Juga dapat dicapai dari arah kabupaten Pacitan melalui kecamatan Lorok. Moda transportasi (sepeda motor, mobil, minibus dan bus dapat sampai lokasi). MPU jurusa Trenggalek – Dongko – Panggul – dengan kode U atau minibus jurusan Trenggalek – Pacitan lewat Panggul – Lorok atau travel Paradimas trayek Panggul – Surabaya PP lewat Trenggalek  





FITUR

            Konservasi Penyu, Taman KILI KILI, Selain suguhan Panorama Indah di Pantai Pelang, Kecamatan Panggul juga memiliki tempat wisata Keluarga Favorit yang memiliki nilai edukasi yang tinggi. Lokasi Taman Kili Kili ini berada 1 Km sebelum memasuki Tujuan Wisata Pantai Pelang. Taman Kili Kili merupakan salah satu destinasi unik yang ada di Kabupaten Trenggalek. Di Kili Kili, terdapat ratusan penyu yang dikonservasi, dikhususkan untuk tempat berkembang biaknya Penyu yang ada di Pantai Selatan. Menurut penjaga taman ini, pelepasan penyu sering dilakukan pada bulan ke 3 pada satu tahun, jadi jika anda ingin menikmati dan mempelajari tentang penyu, ada rekomendasi untuk dating pada bulan Maret. Biaya masuk di Taman Kili kili adalah FREE, sehingga banyak sekali Mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia datang untuk melakukan riset di tempat ini..



PROSPEK

            Pantai Pelang memiliki prospek Bisnis Pariwisata yang menggiurkan, dengan segala keindahan alam dan Panorama yang 99% alami, Pantai Pelang merupakan Investasi di masa depan. Terbukti dengan banyaknya wacana dari pihak Swasta untuk mengubah Pelang sebagai Ancol-nya Jawa Timur, memperkuat bahwa menaruh investasi di Pantai Pelang adalah hal yang menarik bagi Investor.
            Dengan Luas Pantai yang mencapai 10 ha dan Panjang Pantai mencapai 2 Km, membuat pantai ini akan cukup berkapasitas dimasa yang akan mendatang, dan akan memiliki berbagai wahana yang lengkap.
            Banyak pulau kecil yang terlihat di Pantai Pelang, dan alam tebing pantai yang memiliki selera seni alam, akan membuat Pantai Pelang menjadi salah satu tujuan Background Fotografi, baik untuk foto acara maupun lokasi syuting yang strategis.
            Maka tidak berlebihan jika Pantai Pelang dinobatkan sebagai Pemenang dalam ajang Anugerah Wisata Nusantara Jawa Timur 2012




SUMMARY

            Pantai Pelang merupakan salah satu Tujuan Wisata Unggulan di Kabupaten Trenggalek karena Pesona Alam yang ditawarkan sungguh berbeda dengan Pantai lainnya. Terbukti dengan menjadi jawara di ajang Anugerah Wisata Nusantara Jawa Timur pada tahun 2012, Pantai Pelang mampu menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu Wisata Alam dengan berbagai kelebihan  yang disajikan.
            Dengan Panorama alam yang lengkap dalam satu daerah, membuat Pantai Pelang ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri, apalagi dengan harga tiket yang terjangkau dan memasyarakat. Pantai pelang memiliki prospek yang sangat bagus di masa yang akan mendatang dan memiliki rating investasi yang tinggi.
            Tidak hanya eksotika pantai Pelang, Kabupaten Trenggalek juga menyajikan destinasi wisata yang tidak kalah menarik, seperti Wisata Kuliner alam Sego Geghog, Wisata Panjat Tebing Gunung Sepikul, Wisata Pantai Pasir Putih, Pantai Prigi, Pantai Blado, Pantai Konang, Wisata Goa Terpanjang Se Asia Tenggara “Goa Lawa”.
            Budaya yang terdapat di Trenggalek juga tidak kalah menarik, Lagu “Kutho Trenggalek” menjadi trademark tersendiri yang liriknya menggambarkan suasana di Kabupaten Trenggalek. Trenggalek juga memiliki Tarian khas yaitu “Turangga Yaksa” yang sudah terkenal.
            Ekonomi Kreatif di Trenggalek juga sangat beragam, Mulai dari produksi Genting Nglayur yang berkualitas dan bermutu, Produksi Susu Bendungan, Produksi Batik Trenggalek, hingga Makanan Khas Trenggalek.


"Artikel ini gue tulis di Makalah Raka Raki Jawa Timur 2013, jadi sebelum tidur, ada baiknya sharing mumpung inget, ya siapa tahu temen temen pengen ngerasain eksotiknya Pelang, Monggooo kersooo : )  . pengen info lebih, klik link ini, atau di kangyutrenggalek.blogspot.com . welcome to the Part of Heaven"

cekidoot masbro mbabro foto fotonya : ) enjoy















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda, harganya mahal sekali...
terimakasih telah menuangkan beberapa kata...