Senin, 01 Oktober 2012

Kopi Batik

dendit viegas

Kopi Batik...
Kenapa blog ini berjudul Kopi Batik?
kemarin, sebelum nentuin nama apa yang pas buat blog pribadi, sempat nyari referensi nama apa yang easy listening and catchy, via bing, amazon, yahoo dan google. Banyak banget artikel artikelnya, jadi susah buat mutusin nama apa yang bagus. Awalnya mau bikin nama kopipanas, tapi udah ada yang make,  Terus,  Ada saran yang bagus dari salah satu blog yang udah terkenal, yaitu "Beri judul blog yang mudah diingat dan tidak sulit diucapkan". Melihat reputasi blog blog yang sebelumnya udah pernah aku buat, ternyata banyak kesalahan yang aku buat, yaitu dari segi penamaan, yaitu seringnya memakai titel blog menggunakan bahasa inggris (biasalah, kalo g pake english ya kagak gaholl), yang pada akhirnya susah diingat ingat oleh para pemirsa.

Kenapa Kopi Batik?
Menurutku, nama kopi batik keren banget, budaya abisss, kultur Indonesia banget, (ya meski postingannya rada rada alay). Kita tahu bahwasanya, Kopi dan Batik merupakan dua item yang memiliki varietan dan inovasi yang selalu update di Indonesia, memiliki banyak jenis, corak, rasa, prestise dan merakyat, Ciri khas orang Indonesia. Mulai dari kopi, yang memiliki 'score' sebagai kopi terbaik di Dunia yaitu "Kopi Luwak", ya meski ada kalangan yang sinis terhadap mitos kopi luwak, tapi rasa eksotisnya tidak pernah bisa membohongi lidah, selain Luwak Coffee juga ada macam macam pilihan kopi lainnya seperti Gayo di Aceh, Mandheling di Sumatera Utara, Java di Jawa (terutama Jawa Timur), Kintamani di Bali, Toraja di Sulawesi dan jenis baru Mangkuraja dari Bengkulu. Toraja sendiri sering juga disebut dengan Kalosi Toraja, Mandheling kadang ditulis dengan Mandailing. Ada juga orang yang menggolongkan Gayo dan Mandheling menjadi satu yaitu Sumatra. (Baru tahu kan???) mungkin anda lebih mengenal kopi Robusta dan Arabika?

Batik...
Ya, batik merupakan kain khas Indonesia, motif dan selera kain Batik Indonesia juga sangat bermacam macam, dan sama seperti rasa Kopi, "Eksotis". Dominasi produksi batik saat ini masih dipegang Kota Solo, karena produksi di sana dilakukan secara massiv dan disebarluaskan di seluruh pelosok Indonesia. Tanpa mengurangi rasa dan gaya, Batik Solo selalu berinovasi dengan memproduksi motif batik terbaru. Tapi bukan berarti, di daerah lain tidak memiliki batik khas. Sebenarnya Motif batik merupakan ciri khas dari suatu Kabupaten Kota yang memproduksi batik tersebut, bisa melambangkan kasta dan kedudukan, karena semakin Indah Motif Batik, berarti orang itu bukan sembarangan. Seperti yang aku pakai di foto atas, itu adalah Motif Batik "latar abang" khas Kabupaten Trenggalek, corak dan motifnya sangat kaya dan elegan, (Batik pemberian oleh pejabat daerah, lebih tepatnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum, karena prestasiku di ajang fashion).
Macam macam motif batik di Indonesia seperti Batik Kraton, Batik Pringgondani, Batik Sekar Jagad, Batik Sida Luhur, Batik Tanjung Bumi, Batik Semen Rama, Batik Kawung, Batik Sida Mukti dan juga Batik Petani.


Apa hubungannya Kopi Batik dengan Blog???
Di sini saya ingin menyajikan konsep Blog baru, dengan menggabungkan esensi sebuah Budaya yang asli dan Khas Indonesia dengan Modernisasi anak muda. Banyak anak muda yang konon katanya Gahool (sampe banyak yang  harus bilang WOW getoo?) lupa dan tidak mengerti akan tradisi dan khasanah lokal kita yang sangat kaya, dengan dokumentasi pribadi, maupun berita yang sedang hangat diperbincangkan, aku ingin Budaya Kita tetap disandingkan dengan kearifan lokal yang baru, agar lebih fleksibel dan mudah beradaptasi.
semoga Blog ini lebih bervariasi seperti Kopi dan Batik,
Kopi Batik, Kopi rasa Batik, Batik motif Kopi.

1 komentar:

  1. Itu diprosesnya bisa dengan mesin kopi kan ya gan? Apa dari setiap kopi itu mesinnya harus beda-beda? :o

    BalasHapus

Komentar anda, harganya mahal sekali...
terimakasih telah menuangkan beberapa kata...